5 Hal yang Sebaiknya Diperhatikan Ketika Akan Membeli Gadget

393 views



5 Hal yang Sebaiknya Diperhatikan Ketika Akan Membeli Gadget


Saat ini, tersedia beragam gadget di pasaran. Mulai dari yang bermerk lokal hingga yang bermerk ternama. Mulai dari yang harganya terjangkau hingga yang harganya yang selangit. Lalu, gadget seperti apa yang sebaiknya kita beli? Untuk membantu agar tidak salah membelinya, berikut beberapa hal yang sebaiknya kita perhatikan ketika akan membeli gadget.

  1. Pertama, Dot Per Inch (DPI)
    Salah satu hal yang sebaiknya kita perhatikan ketika akan membeli gadget yaitu nilai Dot Per Inch (DPI). Kita akan menemukan nilai DPI di spesifikasi gadget. Lalu, mengapa nilai ini penting? Sebabnya, menentukan kejernihan layar. Semakin besar nilai DPI maka layar akan semakin jernih. Sebaliknya, semakin kecil nilai DPI, maka layar akan semakin kurang jernih. Nah, bila kita senang bermain game, maka sangat disarankan memilih gadget dengan nilai DPI yang besar. Kita akan lebih merasa nyaman memainkannya. Kalo untuk browsing ataupun ber-sosmed, maka dapat memilih gadget dengan nilai DPI yang tidak terlalu besar. Terkait harga, nilai DPI sebanding dengan harga gadget. Artinya, semakin besar nilai DPI pada gadget, maka harganya akan semakin mahal.
  2. Kedua, perhatikan besar dan ukuran gadget
    Gadget merupakan perangkat mobile atau dapat kita bawa. Nah, agar kita dapat membawanya dengan nyaman, maka sebaiknya mempertimbangkan besarnya gadget yang akan kita beli. Nah, kalo biasa menyimpan gadget di saku celana, maka tak ada salahnya mencoba menyimpannya di saku celana sebelum membelinya. Tujuannya untuk mengetahui apakah kita merasa nyaman membawanya. Selain kenyamanan saat membawanya, kenyamanannya saat memegangnya sebaiknya kita perhatikan juga. Sebabnya, bila terasa kurang nyaman memegangnya, gadget akan cenderung mudah terlepas dari tangan. Jadi, ada baiknya kita mencoba menggenggamnya sebelum membelinya.
  3. Ketiga, Random Access Memory (RAM)
    Dalam sistem operasi gadget, RAM berhubungan dengan kinerja aplikasi. Nah, bila kita ingin meng-install banyak aplikasi pada gadget, maka sangat disarankan agar memilih gadget dengan RAM yang besar. Tanpa RAM yang memadai, aplikasi akan berjalan lambat serta membutuhkan waktu yang lebih lama untuk membukanya.
  4. Keempat, perhatikan kelebihan dan kekurangan chipset
    Chipset ibarat organ tubuh. Tanpanya, gadget tidak akan dapat menjalankan berbagai macam fungsi seperti browsing, membuka aplikasi, ataupun juga mengirim pesan. Karena kelebihan dan kekurangan pada setiap chipset berbeda-beda, maka ada baiknya kita mengetahui keduanya. Misalnya, chipset Snapdragon S1 buatan Qualcomm yang menurut beberapa sumber sangat baik dalam menunjang multimedia seperti menonton video ataupun juga memainkan musik. Serta, membuat kita lebih nyaman bermain game. Namun, menurut beberapa sumber, sangat boros mengkonsumsi daya listrik sehingga cepat menghabiskan daya baterai.
  5. Kelima, mengetahui nilai benchmark gadget
    Ada baiknya juga kita mengetahui nilai benchmark gadget yang akan kita beli. Sebabnya, nilai ini menunjukkan perfoma kinerja gagdet. Mulai dari perfoma grafis hingga perfoma hingga perfoma menjalakan operasi-operasi tertentu seperti operasi matematika hingga logika. Kedua operasi tersebut sangat penting dalam menjalankan aplikasi. Nah, kita dapat mengetahui nilai benchmark gagdet yang akan kita beli melalui browsing. Demikianl

Baca Juga :

Artikel

Lukisan Asli Mahidevran Sultanah ottoman

Setelah menonton film abad kejayaan, banyak yang p

dilihat 53205 kali

Arti kata Idul Fitri dalam Bahasa Arab

Banyak yang beranggapan bahwa idul fitri memiliki

dilihat 1516 kali

Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia 2016

Pesawat Tempur Tercanggih di Dunia 2016 Dalam per

dilihat 918 kali

22 Cara Mengurangi Suara Bising pada Rumah Tinggal

Rumah adalah tempat untuk beristirahat dan menghab

dilihat 7774 kali

Pertimbangan dalam Menentukan Judul Skripsi

Pertimbangan dalam Menentukan Judul Skripsi Menent

dilihat 9646 kali