Mengapa Website Penting Untuk Pelaku Bisnis Online

831 views



Mengapa Website Penting Untuk Pelaku Bisnis Online

Bisnis online menjadi pola bisnis yang sekarang menjadi trend. Hampir semua kebutuhan bisa didapatkan dengan transaksi online. Namun tidak semua pelaku bisnis online ternyata paham dengan pola persaingan dalam bisnis online. Oleh karena itu masih banyak bisnis online yang buka tutup atau hanya bertahan sementara dan akhirnya memutuskan untuk berhenti.

Ada apa dengan bisnis online?
Bisnis online adalah sebuah bisnis yang dibangun dengan dasar kepercayaan antara nasabah dan pelaku bisnis. Kecanggihan teknologi adalah jembatan penghubung antara kepercayaan nasabah terhadap pelaku bisnis. Oleh karena itu ketika memutuskan untuk menjalankan bisnis online maka sudah menjadi kewajiban untuk memahami perkembangan teknologi.

Pola bisnis online
Saat ini hampir semua pelaku bisnis online memanfaatkan media online untuk memasarkan produk. Namun tidak semua pelaku bisnis benar-benar memaksimalkan peran media online secara maksimal. Cara memanfaatkan media online inilah yang kemudian membentuk pola bisnis online dengan sendirinya.

Ada beberapa pola bisnis online yang selama ini dipahami dan diyakini mampu mendongkrak penjualan. Berikut pembahasan kami tentang pola bisnis online dari segi pemanfaatan media online.

  1. Menggunakan sosial media populer
    Tidak bisa dipungkiri bahwa keberadaan media sosial populer mampu mendatangkan calon nasabah. Ingat baru calon karena dengan bermodalkan media sosial sebagai pemasaran belum tentu bisa mendatangkan kepercayaan dari nasabah. Tetapi dengan menggunakan media sosial populer anda sudah memulai langkah tepat dalam memasarkan produk anda secara online.
  2. Menggunakan situs jual beli online
    Situs jual beli online pun semakin menjamur seiring menjadinya trend bisnis online di kalangan masyarakat. Kehadiran situs jual beli online memberikan fasilitas kepada pemilik produk dan nasabah untuk bertemu di satu tempat (online) dan melakukan transaksi. Menggunakan situs jual beli online ini tentunya memiliki persyaratan tertentu yang dibuat oleh pemilih situs dan harus disepakati oleh pemilik produk dan nasabah.
  3. Menggunakan website sendiri
    Langkah ketiga dan hal yang paling efektif adalah dengan memiliki website sendiri. Apabila anda pelaku bisnis online tetapi belum memiliki website sendiri maka sebaiknya anda pikirkan untuk segera membuatnya. Anda bisa menggunakan jasa pembuat website apabila tidak bisa mendesain sendiri.

Apa keuntungan memiliki website sendiri
Website adalah media pemasaran online yang paling efektif. Berikut beberapa keuntungan yang bisa anda dapatkan ketika memiliki website sendiri untuk bisnis online anda.

  1. Website bisa diintegrasikan dengan media sosial populer sehingga promosi anda bisa lebih efektif dan efisien. Efektifitas dan efesiensinya adalah dengan menulis (review produk anda) di satu tempat anda bisa mempromosikan di banyak tempat dengan cepat.
  2. Membangun kepercayaan nasabah. Sebagaimana kami sampaikan di awal bahwa bisnis online dibangun dengan dasar kepercayaan. Maka dengan memiliki website sendiri anda sudah bisa membangun kepercayaan calon nasabah anda.
  3. Profesionalisme. Website adalah salah satu bukti profesionalisme anda dalam menjalankan bisnis online. Bukan bermaksud mengatakan bahwa ketika anda menjalankan bisnis online tanpa website anda belum profesional karena ukuran profesionalisme dalam bisnis online sangat banyak.
  4. Mengumpulkan testimoni nasabah. Website yang anda bangun bisa dijadikan tempat untuk mengumpulkan testimoni dari nasabah anda. Nasabah yang telah menggunakan jasa anda dalam transaksi online tidak akan segan-segan menuliskan apa yang mereka rasakan dengan pelayanan anda. Testimoni tersebut bisa membangun kepercayaan dari calon nasabah lain.
  5. Arsip produk. Website juga bisa menampung data dalam jumlah yang sangat banyak tergantung jenis hosting yang anda gunakan. Memiliki arsip produk akan memberikan kemudahan bagi nasabah anda untuk mencari sesuai produk yang mereka yang mereka inginkan. Melihat produk yang paling laris dan melihat melihat produk yang sedang promosi dan lain sebagainya.


Bagaimana tertarik untuk memiliki website sendiri untuk bisnis online anda. Jangan berpikir terlalu lama, karena memulai adalah kunci dari sekian banyak kunci kesuksesan. Kalau ada yang kurang dari keuntungan memiliki website sendiri untuk bisnis online bisa anda tambahkan. Satu hal yang pasti bahwa website sesungguhnya sangat penting untuk bisnis online anda.


Baca Juga :

Artikel

Tutorial PHP Part 1 : Pengenalan, Tipe Data, Cara Penulisan dan Variabel di PHP

PHP merupakan singkatan dari Hypertext Preprocesso

dilihat 1386 kali

Tutorial Cara Membuat CRUD dengan Codeigniter 4

CRUD merupakan singkatan dari create, read, update

dilihat 1976 kali

Pengertian Model dalam Penelitian

Dalam penelitian, selain membangun teori juga seri

dilihat 3231 kali

Resep Nasi Kuning

Resep Nasi Kuning Wah hari libur nieh.... pengen m

dilihat 1489 kali

Bahaya Memanaskan Kendaraan di Dalam Ruangan

[align=justify]Pagi hari sebelum berangkat kerja a

dilihat 4923 kali