Berapa Dosis Aman Mengkonsumsi Bawang Putih

13 views



Ada manfaat kesehatan dari mengkonsumsi 1-2 siung bawang putih setiap hari, tapi mengkomsumsi lebih banyak dari itu dapat menyebabkan efek samping yang mengganggu seperti mulas, gangguan lambung, dan bau mulut. Karena alasan ini dianjurkan untuk mengonsumsi bawang putih dalam jumlah sedang. Begitu juga dengan rasa dan aromanya yang menyengat, bawang putih menjadi bahan yang populer di kalangan ibu yang memasak di rumah.

Selain digemari sebagai bumbu dapur, karena sifat terapeutiknya, zat yang ada pada bawang putih dikaitkan dengan berbagai manfaat bagi kesehatan. Terlepas dari kegunaan dan manfaatnya terhadap kesehatan, ternyata mengkomsumsi bawang putih terlalu banyak bisa memberikan dampak tidak baik terhadap kesehatan.

Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi 1 atau 2 siung (sekitar 3-6 gram) bawang putih setiap hari dapat memberikan manfaat bagi kesehatan, meskipun tidak ada rekomendasi resmi untuk jumlah bawang putih yang harus dikonsumsi. Namun demikian, perlu dipertimbangkan untuk mengurangi konsumsi bawang putih jika mengalami efek negatif setelah mengonsumsi lebih dari jumlah tersebut.

Masalah nafas bau bawang putih, masalah perut, dan refluks asam lambung (asam dari lambung mengalir balik) dapat dihindari dengan memasak umbi bawang putih sebelum mengkonsumsinya. Perlu diingat, sebelum melakukan perubahan pola makan atau menggunakan suplemen herbal apapun, sebaiknya bisa mengkonsultasikan kepada dokter jika anda sedang dalam mengkonsumsi obat-obat tertentu


Baca Juga :

Artikel Kesehatan

Berapa Dosis Aman Mengkonsumsi Bawang Putih

Ada manfaat kesehatan dari mengkonsumsi 1-2 siung

dilihat 14 kali

Manfaat Bawang Putih Bagi Kesehatan

Bawang putih adalah bahan masakan yang umum diguna

dilihat 14 kali